Thursday 22 January 2015

Srigunting Jambul Rambut, Muka Sangar dengan Suara Menggelegar

Srigunting jambul-rambut (Dicrurus hottentottus)
Srigunting jambul-rambut (Dicrurus hottentottus) memiliki ukuran tubuh cukup besar, dengan panjang sekitar 32 cm. Bulu-bulu berwarna hitam mengkilap. Ekornya panjang, terbelah tumpul dengan ujung bulu tertekuk keluar

Burung srigunting, meski dikenal licik dalam mencari pakan, memiliki kemampuan yang cukup baik dalam meniru suara burung lain. Indonesia menjadi habitat belasan spesies burung srigunting, yang sebagian besar juga fasih meniru suara burung lain. Dan burung Srigunting Jambul Rambut ini salah satu dari Srigunting dengan kecerdasan tinggi dalam merekam dan menirukan suara burung lain. Bahkan dari beberapa sumber mengatakan rekaman suara burung lain tersebut permanen.

Beberapa ras burung ini memiliki jambul berupa bulu-bulu yang seperti rambut panjang pada mahkotanya. Iris mata berwarna putih, ketika bernyanyi atau dalam mode fighter bulu disekitar kepala samping juga akan mengembang sehingga membuat burung ini makin terlihat sangar.

Bulu samping yang akan mengembang membuat semakin sangar

Srigunting jambul-rambut memiliki penyeberan global yang meliputi wilayah India, Tiongkok, dan Asia Tenggara. Sedangkan penyebaran lokal banyak ditemukan di Kepulauan Mentawai, Kalimantan, Jawa, dan Bali. 

Beberapa pakar memasukan srigunting jambul-rambut dan srigunting sumatera sebagai salah satu ras atau subspesies dari srigunting lencana.

Suara kicauannya cukup keras dan berirama, yang terkadang diselingi dengan pekikan 
keras.



Belakang ini, burung Srigunting Jambul Rambut booming di kalangan pecinta Murai Batu, terlepas dari tampilannya yang sangar dan seram, suara burung ini ternyata bisa menjadi masteran bagi Murai Batu. seperti artikel diatas menyebutkan Srigunting Jambul rambut sangat cerdas dalam menirukan suara burung lain. ini artinya, Burung Srigunting jambul rambut adalah Multi-Masteran (satu burung dengan berbagai macam suara burung masteran) tentunya jika dihitung secara finansial, memiliki 1 burung ini akan lebih jika dibandingkan dengan memiliki beberapa burung buat masteran.

Ketika anda punya Srigunting jambul rambut dan Murai batu, kemudian anda menempelkan keduanya dengan burung Cililin sebagai masteran, maka suara Cililin selain masuk ke murai batu masuk juga ke srigunting. bahkan srigunting ini bisa membawakan suara cililin dengan suara yang lebih kristal. 

Saat ini Gemah Rumah Kicau memiliki beberapa Srigunting Rambut Jambul ini, tepatnya burung muda hutan, masih dalam proses penjinakan selanjutnya proses penggacoran. ada 5 burung dan akan datang lagi 3 burung minggu depan. Jika kondisi burung ini sudah mapan dan mulai berani bernyanyi, tidak menutup kemungkinan akan kami lego buat para pecinta srigunting, tunggu saja kabar terbarunya.

Tips Memelihara SG Jambul Rambut bakalan by Gemah Rumah Kicau

  1. Cari burung jantan dan masih muda (jantan memliki warna metalik, sedangkan betina kusam)
  2. Setelah sampai dirumah kasih minum dan makan voer dicampur ulat hongkong, pantau sampai burung ini terlihat makan dan minum, setelah sehari tambahkan jangkrik 20 ekor pagi 20 ekor sore.
  3. sendirikan atau kerodong terlebih dahulu agar burung tidak stres dan terbiasa dengan lingkungan barunya (kandang, tempat makan minum)
  4. jangan dimandikan dulu selama 3-4 hari sampai burung terlihat nyaman, terlihat ketika burung sudah mulai mapan ketika ada orang lewat.
  5. harian jemur 30 menit - 1 jam, kemudian angin-anginkan setelah itu masukkan lagi ke tempat lalu lalang orang agar burung semakin mapan.
  6. sering pancing menggunakan suara panggilan (nada call) dan suara nyanyian (song) dari jenis ini, bisa di download di web xeno canto, agar memancing burung kita merespon suara panggilan tersebut.
  7. kalo sudah rajin suara Call, biasanya akan cepat ngriwik dan berikutnya burung berani ngeplong dengan lantang
  8. Tips dari beberapa kicau mania agar burung ini cepat ngeplong, kasih cicak seminggu sekali.
  9. Tempel dengan burung dengan karakter suara tembakan seperti cililin, ciblek dan rambatan agar bisa direkam oleh SG ini.
  10. yang paling penting pastikan burung terawat dengan memperhatikan pakan dan kebersihan kandang.
Lukisan SG Jambul Rambut melawan Kadal Besar
sumber : Om Kicau dan Gemah Rumah Kicau
 

5 comments:

  1. pagi om, mau tnya ada kah poto/gambar untuk membedakan awar" jantan dan betina
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Sebenere matanya itu putih atau coklat ya om?

    ReplyDelete
  3. Punyaku matanya putih Om, apa ya jenisnya¿

    ReplyDelete
  4. Aqu merah om..katanya suka ngebegal burung lain makanannya

    ReplyDelete