Thursday 22 January 2015

Sikatan Emas si Imut Cantik nan Merdu

The yellow-rumped flycatcher
Sikatan Emas (Ficedula zanthopygia) adalah salah satu burung dari keluarga Tledekan, masih satu kelurga dengan Sulingan gunung, Sulingan laut dan Sikatan mugimaki yang telah kami bahas di artikel sebelumnya. Burung berukuran 13 cm., berwarna kuning, putih, dan hitam (jantan) atau coklat (betina). Jantan: tunggir, tenggorokan, dada, dan perut atas kuning; perut bawah dan penutup ekor bawah putih. Bagian lain hitam, kecuali alis dan garis-sayap yang putih. Betina: tubuh bagian atas coklat-buram, tubuh bagian bawah berwarna lebih pucat, tunggir kuning-buram. Perbedaannya dengan jantan dan betina: alis putih, punggung jantan lebih hitam, dan tunggir betina kuning.Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Di berbagai daerah, burung ini punya sebutan berbeda, di Semarang, burung ini sering disebut Sulingan Kembang, ada juga yang menyebutnya Jacklin. untuk memudahkan identifikasi, kita akan menyebutnya sesuai penamaan resmi bahasa indonesianya saja yaitu Sikatan Emas.
 

Persebaran dan ras
 
Burung migran di Negara kita. Berbiak di Transbaikalia bagian timur dan Mongolia bagian timur ke timur sampai Rusia bagian tenggara (Amurland selatan, Ussuriland selatan), ke selatan sampai Cina bagian tengah dan timur, dan Korea, dan secara sporadis sampai Jepang bagian barat; saat musim dingin bermigrasi ke selatan sampai Cina selatan, Asia tenggara, dan Sunda Besar.

Tempat hidup dan Kebiasaan
 
Lebih sering terdengar daripada terlihat. Mengunjungi daerah bersemak dan pohon rimbun sampai ketinggian 900 mdpl.

Video Sikatan Emas yang berkicau merdu di alam liar



Tips memelihara Sikatan Emas bakalan by Gemah Rumah Kicau :
  1. Cari burung jantan dan masih muda (bulu masih ada trotolnya, atau masih ada bulu muda) agar cepat mapan dan cepat bunyi.
  2. Setelah sampai dirumah kasih minum dan makan voer dicampur ulat kandang didalam cepuk. hindari dulu ulat hongkong karena kebanyakan UH bisa menyebabkan mata burung ini berair hingga pembengkakan dan bisa berakibat kematian.
  3. sendirikan atau kerodong terlebih dahulu agar burung tidak stres dan terbiasa dengan lingkungan barunya (kandang, tempat makan minum)
  4. jangan dimandikan dulu selama 3-4 hari sampai burung terlihat nyaman, terlihat ketika burung sudah mulai mapan ketika ada orang lewat.
  5. harian jemur 30 menit  saja, karena burung ini tidak kuat hawa panas, kemudian masukkan lagi ke tempat sepi/ dikrodong.
  6. Setelah mulai mapan, tempel dengan burung yang receh untuk memacing dia berani bernyanyi (pleci, prenjak emas dan burung lain yang sering bunyi)
  7. untuk menambah stamina bisa juga ditambah kroto sebagai EF nya. pengalaman dari Gemah Rumah Kicau, jangkrik kecil bisa membuat burung ini cepat bunyi.
  8. sering pancing menggunakan suara panggilan (nada call) dari jenis ini, bisa di download di web xeno canto, agar memancing burung kita merespon suara panggilan tersebut.
  9. kalo sudah rajin suara Call, biasanya akan cepat ngriwik dan berikutnya burung berani ngeplong dengan lantang
  10. yang paling penting pastikan burung terawat dengan memperhatikan pakan dan kebersihan kandang
  11. nikmati hasil jerih payah anda dengan mendengarnya bernyanyi dengan merdu seperti video diatas.
Foto Sikatan Emas Koleksi dari Gemah Rumah Kicau.

Sikatan Emas Trotol
Sikatan Emas Dewasa

Sumber : Kutilang Indonesia dan Gemah Rumah Kicau



No comments:

Post a Comment