Friday 23 January 2015

Cucak Rawis (Bayeman) Suaranya Bikin Mringis

green-winged bulbul



Burung cucak Rawis (Green-winged Bulbul) atau di daerah saya Semarang, kicau mania biasa menyebutnya burung bayeman. Cucak rawis memiliki ciri-ciri fisik badan berwarna Zaitun gelap dengan kepala tidak berjambul kemudian bagian dada berwarna abu-abu blirik-blirik. Ciri bagian kepala tidak ada jambul dengan mata berwarna coklat kemerahan dan paruh berwarna gadung runcing panjang.

Cucak rawis memiliki suara kicauan yang keras dan khas, burung ini juga termasuk burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal tersebut terbukti saya sendiri membeli bakalan Cucak Rawis, hanya beberapa hari saja sudah bisa menikmati kicauanya. Memang kicau/bunyi burung Cucak Rawis terkesan monoton dan itu-itu saja, namun burung Cucak Wilis ini bisa menjadi burung alternatif kicaumania yang ingin memelihara burung kicau yang mudah dan cepat bisa menikmati suara kicaunya di rumah. apalagi yang membutuhkan suara masteran, maka tembakan cucak rawis cukup bagus dan bisa membuat kita mringis karena suaranya yang cukup memekakkan telinga.

Video burung cucak rawis yang rajin bunyi




Makanan burung Cucak Rawis juga relatif mudah, saya biasa memberikannya pisang kepok putih ditambah dengan Voer apa saja juga mau namun lebih baik mungkin jika kita memberikan Voer bertekstur besar-besar karena Cucak Rawis termasuk burung yang lahap makannya. Untuk pisang kapok putih, biasanya 1 Pcs pisang bisa habis dalam satu hari dan hanya bersisa kulitnya saja.

Cucak Rawis termasuk burung mudah beradaptasi


Tips Memelihara Cucak Rawis bakalan by Gemah Rumah Kicau

  1. Cari burung aktif dan terlihat lincah, untuk jantan dan betina burung ini sangat sulit dibedakan secara fisik, beberapa kicaumania memberi tips burung dengan kepala lebih besar itu yang jantan.
  2. Setelah sampai dirumah kasih minum dan makan voer dicampur ulat hongkong serta pisang, pantau sampai burung ini terlihat makan dan minum,
  3. sendirikan atau kerodong terlebih dahulu agar burung tidak stres dan terbiasa dengan lingkungan barunya (kandang, tempat makan minum)
  4. jangan dimandikan dulu selama 3-4 hari sampai burung terlihat nyaman, terlihat ketika burung sudah mulai mapan ketika ada orang lewat.
  5. harian jemur 30 menit - 1 jam, kemudian angin-anginkan setelah itu masukkan lagi ke tempat lalu lalang orang agar burung semakin mapan.
  6. sering pancing menggunakan suara panggilan (nada call) dan suara nyanyian (song) dari jenis ini, bisa di download di web xeno canto, agar memancing burung kita merespon suara panggilan tersebut.
  7. yang paling penting pastikan burung terawat dengan memperhatikan pakan dan kebersihan kandang.



No comments:

Post a Comment