Thursday 22 January 2015

Sikatan Bodoh si Sulingan Gunung Mini

Sikatan Bodoh (Snowy-browed Flycatcher)


Sikatan Bodoh (Ficedula hyperythra) burung berukuran 11 cm., berwarna biru abu-abu dan jingga. Jantan: tubuh bagian atas biru-jelaga, alis putih pendek mencolok. Tubuh bagian bawah jingga; dengan tenggorokan, dada, dan sisi tubuh kuning-tua. Betina: tubuh bagian atas coklat, tubuh bagian bawah kekuningan, dan alis kuning. Remaja: berbintik coklat.
Iris coklat tua, paruh hitam, kaki abu-abu sampai coklat.

Di pasar burung biasanya anda kan menjumpai burung ini dengan berbagai nama daerah. tak jarang penjual akan menyebutnya dengan Sulingan Gunung Mini karena penampilannya yang hampr serupa dengan fisik yang jauh lebih kecil.

Untuk suara, sebenarnya hampir sama merdunya seperti sulingan gunung (berdasarkan pengalaman Gemah Rumah Kicau yang pernah memelihara dari muda hutan sampai rajin bunyi), hanya pembedanya volumenya lebih kecil, wajar saja body dari burung ini memang imut. Ini bisa juga dijadikan bahan latihan sebelum anda memelihara Sulingan gunung yang asli, karena harga dari Sikatan bodoh atau Sulingan Gunung mini cukup murah dibandingkan dengan sulingan gunung.

Perawatan Burung Sikatan Bodoh atau Sulingan Gunung Mini

untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan burung sulingan atau tledekan lainnya. serangga adalah makanan utama dari burung ini di alam liar, jadi pastikan anda memberinya EF ulat hongkong atau kandang meskipun burung ini sudah mau makan voer. agar staminanya tetap terjaga, cepat bunyi dan lebih rajin bunyi.

Video Sikatan Bodoh/ Sulingan gunung mini yang sudah rajin bunyi



Tips memelihara Sikatan Bodoh bakalan by Gemah Rumah Kicau :
  1. Sebisa mungkin cari burung jantan dan masih muda (bulu masih ada trotolnya, atau masih ada bulu muda) agar cepat mapan dan cepat bunyi.
  2. Setelah sampai dirumah kasih minum dan makan voer dicampur ulat kandang didalam cepuk. hindari dulu ulat hongkong karena kebanyakan UH bisa menyebabkan mata burung ini berair hingga pembengkakan dan bisa berakibat kematian.
  3. sendirikan atau kerodong terlebih dahulu agar burung tidak stres dan terbiasa dengan lingkungan barunya (kandang, tempat makan minum)
  4. jangan dimandikan dulu selama 3-4 hari sampai burung terlihat nyaman, terlihat ketika burung sudah mulai mapan ketika ada orang lewat.
  5. harian jemur 30 menit  saja, karena burung ini tidak kuat hawa panas, kemudian masukkan lagi ke tempat sepi/ dikrodong.
  6. Setelah mulai mapan, tempel dengan burung yang receh untuk memacing dia berani bernyanyi (pleci, prenjak emas dan burung lain yang sering bunyi)
  7. untuk menambah stamina bisa juga ditambah kroto sebagai EF nya. pengalaman dari Gemah Rumah Kicau, jangkrik kecil bisa membuat burung ini cepat bunyi.
  8. sering pancing menggunakan suara panggilan (nada call) dari jenis ini, bisa di download di web xeno canto, agar memancing burung kita merespon suara panggilan tersebut.
  9. kalo sudah rajin suara Call, biasanya akan cepat ngriwik dan berikutnya burung berani ngeplong dengan lantang
  10. yang paling penting pastikan burung terawat dengan memperhatikan pakan dan kebersihan kandang
  11. nikmati hasil jerih payah anda dengan mendengarnya bernyanyi dengan merdu seperti video diatas.
Foto Sikatan Bodoh/ Sulingan Gunung Mini koleksi dari Gemah Rumah Kicau  




sumber : Kutilang.Indonesia dan  Gemah Rumah Kicau


2 comments:

  1. Pengganti UH untuk sulingan. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisnya dan terbukti disukai burung sulingan

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti UH untuk sulingan

    ReplyDelete
  2. saya baru dapat , tpi sudah 3 hari gak bunyi samasekali , pendapatnya gmn gan ??

    ReplyDelete